12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly
Isnin, 28 Januari 2019
Add Comment
Teknik penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah expired, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pencarian tetap dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan trik membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling mendasar dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kita. So, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing blog kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Logikanya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tidak menggunakan produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.
Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.
Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menyusun artikel asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.
Jika Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma untuk memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per konten malah membantu pembaca maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking webnya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai web yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau kawan menjual produk/jasa).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk menilai nilai untuk sebuah artikel.
kalian malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Umpamanya, anda lagi menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lain kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika sobat dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kawan juga bisa menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.
Namun dalam prakteknya, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari segi user experience, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ide paling penting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu konten.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.
Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar lebih mudah, sobat bisa menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari tulisan di search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.
Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang bekerja indeking di halaman itu.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kalian menggunakan gambar dari Google, pastikan merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kamu tidak sama dengan image yang kamu download itu. Kalau perlu, anda juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang kawan sajikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek tulisan kalian sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.
Ragam Keyword ini membuat tulisan kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bertahan di pejwan. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai alat supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly guna mencari visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma search engine telah semakin canggih, apalagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kawan dapat segera bersaing di SERP.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah expired, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pencarian tetap dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan trik membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling mendasar dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kita. So, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing blog kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Logikanya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tidak menggunakan produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.
Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.
3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menyusun artikel asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.
Jika Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma untuk memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Pakai Internal Linking dalam tulisan
Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per konten malah membantu pembaca maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan
Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking webnya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai web yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau kawan menjual produk/jasa).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk menilai nilai untuk sebuah artikel.
kalian malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Umpamanya, anda lagi menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lain kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika sobat dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kawan juga bisa menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.
Namun dalam prakteknya, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari segi user experience, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ide paling penting pada suatu konten.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu konten.
11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.
Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar lebih mudah, sobat bisa menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari tulisan di search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang bekerja indeking di halaman itu.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kalian menggunakan gambar dari Google, pastikan merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kamu tidak sama dengan image yang kamu download itu. Kalau perlu, anda juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kawan sajikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek tulisan kalian sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.
Ragam Keyword ini membuat tulisan kawan menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat konten yang modern
Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bertahan di pejwan. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai alat supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly guna mencari visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma search engine telah semakin canggih, apalagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kawan dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "12 Cara Membuat Tulisan SEO Friendly"
Catat Ulasan