Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda
Isnin, 28 Januari 2019
Add Comment
Metode penulisan artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.
Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun sebab masih nongkrong di page one tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah trik menulis artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini saya masukkan dalam poin dasar karena kami pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kawan bisa menciptakan backlink atau konten yang klikable namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab diluar kendali kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine mereka.
Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user saat mereka menjelajahi situs milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing kita, walaupun tanpa memakai produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun teknik pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
Ini kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Kejadian yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku karena melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika menyusun title konten karena jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan kaku saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul Anda tidak jelas dan tidak enak dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang tepat.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan visitor maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi saran tidak update pengalaman SEOnya.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir peringkat webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kalian sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat merekomendasikan sesuatu).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah postingan.
kamu malah kudu waspada jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Sebagai Contoh, sobat lagi menulis trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi kalian dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lain jika kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau sobat bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. sobat juga dapat memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Sederhana namun salah satu trik ampuh yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Memang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi dari sisi user experience, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca bingung dan langsung pergi karena artikel yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan pokok terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu halaman.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.
Untuk mengakalinya, sobat bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling di mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.
Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada bot yang bekerja indeking di halaman yang dibuat.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau anda memakai image dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak duplikat dengan image yang anda download tersebut. Jika perlu, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit sayatan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
Tambah menarik informasi yang anda sajikan, tambah mantap peluang Google mengindek artikel sobat sebagai artikel yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.
Ragam Keyword ini menjadikan artikel sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mampu bersaing di pejwan. Seperti pada artikel yang admin posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik memakai tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page postingan kawan hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian bisa segera bersaing di SERP.
Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun sebab masih nongkrong di page one tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah trik menulis artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini saya masukkan dalam poin dasar karena kami pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kawan bisa menciptakan backlink atau konten yang klikable namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab diluar kendali kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine mereka.
Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user saat mereka menjelajahi situs milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing kita, walaupun tanpa memakai produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun teknik pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Ini kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Kejadian yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku karena melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Gunakan Title yang Mengundang Klik
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika menyusun title konten karena jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan kaku saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul Anda tidak jelas dan tidak enak dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang tepat.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan lengkap.
5. Isi Internal Linking dalam artikel
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan visitor maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi saran tidak update pengalaman SEOnya.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan
Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir peringkat webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kalian sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat merekomendasikan sesuatu).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah postingan.
kamu malah kudu waspada jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Sebagai Contoh, sobat lagi menulis trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi kalian dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lain jika kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau sobat bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. sobat juga dapat memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu trik ampuh yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Memang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi dari sisi user experience, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca bingung dan langsung pergi karena artikel yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan pokok terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu halaman.
11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.
Untuk mengakalinya, sobat bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling di mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada bot yang bekerja indeking di halaman yang dibuat.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau anda memakai image dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak duplikat dengan image yang anda download tersebut. Jika perlu, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit sayatan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang anda sajikan, tambah mantap peluang Google mengindek artikel sobat sebagai artikel yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.
Ragam Keyword ini menjadikan artikel sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator konten yang canggih
Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mampu bersaing di pejwan. Seperti pada artikel yang admin posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik memakai tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page postingan kawan hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"
Catat Ulasan