16Cara Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Teknik penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah expired, namun sebab masih merajai di pencarian masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan tips membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari sebuah situs adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
16Cara Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak heran kalau UX menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka mengunjungi situs kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing sobat, meski tidak memakai properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun teknik menulis tulisan SEO Anda, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

16Cara Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang diperlukan untuk menyusun artikel asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Jika sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

16Cara Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu bahas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

16Cara Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir Serp webnya jatuh jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kalian sebagai web yang bagus karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

16Cara Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai nilai dari suatu postingan.

kalian malah harus berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

16Cara Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Misal, anda sedang menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

16Cara Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Serupa di atas, kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kawan bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kawan juga bisa memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik ampuh yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting di tulisan kita.

Namun yang terjadi, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor sakit mata dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ruh terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu postingan.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, kamu dapat menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

16Cara Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan membaca tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang melakukan crawling pada artikel itu.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kamu memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak duplikat dengan image yang kawan download tersebut. Kalau perlu, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat ulas, semakin besar kemungkinan Google mengindek tulisan kalian sebagai artikel yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan konten kamu menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan konten bukan copas dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi pertahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat sobat membuat artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada konten ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan kalian cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16Cara Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel