16 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Cara penulisan artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Terkadang artikel yang dibagikan juga telah expired, namun sebab masih merajai di pejwan tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kami tuliskan sebagai poin dasar karena admin anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 16 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan dapat menciptakan backlink atau judul yang menarik namun,, user experience sangat susah dimanipulasi karena diluar kontrol kita selaku penulis konten. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka menjelajahi website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing pembaca, walaupun tanpa menggunakan produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun teknik pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak murahan.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu bahas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 16 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kalian sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

 16 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link ke web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kawan mengenalkan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kamu tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk suatu postingan.

kamu malah harus berhati-hati jika persentase keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 16 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kamu sedang membuat trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi sobat bisa memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 16 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lagi kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kawan dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kamu juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di tulisan kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu halaman.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama tulisan itu.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel tidak artistik.

Agar lebih mudah, kawan bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 16 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari tulisan pada search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada bot yang bekerja indeking pada artikel itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika sobat menggunakan image dari Google, sebaiknya merubah nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak duplikat dengan image yang anda download itu. Jika perlu, anda juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu ulas, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan sobat menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu tulisan.

Variasi Keyword ini membuat konten kawan jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan kuat bertahan di page one. Seperti pada tulisan yang admin posting ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik memakai alat canggih ini.

Namun untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu baik, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan kawan hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel