10 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Cara penulisan artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu penulisan yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 10 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena selain kontrol kita sebagai penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.

Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca saat mereka menjelajahi situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, maka makin berkualitas isi dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa memakai alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik penulisan artikel SEO Sobat, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Konten yang unik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini harus dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 10 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten karena melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Clickbait


Click bait seringkali diperlukan untuk menyusun konten asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Tapi jika dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

 10 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik pula rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras membuat tulisan panjang cuma untuk memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda itu kurang efektif.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda bahas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per artikelnya ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

 10 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut Serp blognya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog anda sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

 10 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik bahasan juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (jika kalian menjual sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah postingan.

kalian malah harus waspada kalau seringnya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kawan sedang menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 10 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lain kalau anda menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau sobat dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kawan juga bisa menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada tulisan kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk sisi user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna gagasan terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu konten.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, sobat bisa menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 10 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang melakukan crawling di konten yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan gambar yang anda download tersebut. Kalau perlu, kawan juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit sayatan image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian isi, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan sobat menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu tulisan.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kalian jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan siap bersaing di pejwan. Misalnya pada konten yang admin buat ini, saya melansir artikel rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada tulisan ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu wajar, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kalian cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Cara Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel