9 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun sebab masih ada di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan cara menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu bisa membuat backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kamu. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pembaca ketika mereka mengunjungi website milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Analoginya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing user, meski tanpa menggunakan alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun tips pembuatan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 9 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras menulis artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara mendalam.

Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu ulas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap konten ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap artikel malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

 9 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir peringkat blognya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kalian untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web kalian sebagai web yang bagus karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

 9 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu tulisan.

kamu malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 9 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kawan lagi membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi sobat bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 9 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kawan dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga dapat menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic biasanya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan elemen-elemen paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.

Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kamu dapat memasukkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pengguna wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 9 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat user saat googling di search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang bekerja crawling di tulisan tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika anda memakai gambar dari Google, sebaiknya mengganti title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang kawan unduh itu. Jika bisa, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu ulas, tambah mantap peluang Google mendeteksi konten kawan sebagai artikel yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan kuat bersaing di pejwan. Seperti pada artikel yang admin posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan tool keren ini.

Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang kita buat pada postingan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu baik, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan sobat cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat bisa merajai page one.

0 Response to "9 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel