16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Metode menulis artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan ada trik bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah penulisan yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon user saat mereka surfing website milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin menarik konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tidak memakai properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun tips penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Ini kudu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Fenomena yang sering terjadi di blog lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari user experiencenya.

Jika Anda dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu kurang efisien.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca sobat maka silahkan saja.

 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut ranking webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link anda ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs kamu sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

External link ke situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama sobat menjual sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya anda tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah artikel.

kalian malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kawan sedang menulis trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kalian dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Serupa di atas, jika kamu menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kawan juga dapat menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama konten tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.

Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat membuka situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling pada search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke robot yang melakukan crawling pada halaman tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau anda memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang kalian download tersebut. Kalau perlu, anda juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan image agar file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Isi Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu ulas, semakin besar peluang Google mendeteksi konten kalian sebagai artikel yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan kalian cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu dapat merajai page one.

0 Response to "16 Tips Membuat Tulisan SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel