10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang sudah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dari master Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa menggenerate backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna saat mereka mengunjungi blog kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin berkualitas konten dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tanpa memakai alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Anda, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Ini kudu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu kurang efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang kamu bahas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per postnya ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir peringkat blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan melihat situs anda sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kawan mengenalkan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas dari suatu artikel.

kawan malah harus waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kawan sedang menulis trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Contoh lain jika sobat menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika kamu dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna elemen-elemen terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, anda dapat menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di google.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada bot yang melakukan indeking pada artikel itu.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kawan menggunakan image dari Google, pastikan mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang kalian download itu. Kalau harus, sobat juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda ulas, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten anda menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara terpisah di satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan konten bukan copas dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai alat keren ini.

Namun untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada tulisan ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kamu cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kalian dapat merajai page one.

0 Response to "10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel