15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Teknik penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan ada beberapa bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah trik membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan bisa memanipulasi backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi website sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tidak menggunakan produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun teknik pembuatan artikel SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Biasanya blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menyusun artikel asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Namun kalau dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Mungkin kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine pasti membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu kurang efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per postnya ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link per post malah memudahkan user sebaiknya buat saja.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Relevan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena khawatir Serp blognya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kalian untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kamu sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama sobat menjual produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah postingan.

kalian malah kudu berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Contoh, anda sedang menulis trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Contoh lagi kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau anda dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada artikel kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk sisi user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dibaca kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ide paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang menjadi topik utama konten itu.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel tidak artistik.

Agar lebih mudah, anda dapat menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi kalau user wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari artikel di search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada mesin yang melakukan indeking di halaman tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat menggunakan image berasal dari Google, pastikan mengganti nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak sama dengan gambar yang sobat unduh tersebut. Jika bisa, kalian juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan berikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi konten anda menjadikannya postingan yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang relevan.

Selain itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu konten.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih


Membuat artikel adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan siap bersaing menempati page one. Misalnya pada konten yang kita posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada artikel ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna mencari perhatian bot engine itu bagus, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kamu hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel