9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik
Rabu, 30 Januari 2019
Add Comment
Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.
Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan ada beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dari ahli Seo, berikut ini merupakan trik membuat artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kita masukkan dalam poin pertama karena admin pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab selain kendali kita selaku pemilik web. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi website milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin menarik isi dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tanpa menggunakan alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten intinya kata pada pencarian supaya tetap utuh.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Jika kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik pula rangking di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras menulis konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.
Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per konten malah membantu user maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir peringkat blognya turun jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs kalian sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau kalian merekomendasikan sesuatu).
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai nilai untuk suatu tulisan.
kawan malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Umpamanya, kamu sedang menulis trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi kawan dapat memberi kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Serupa di atas, kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau anda dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di tulisan kamu.
Tapi pada kenyataannya, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ide terpenting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama tulisan itu.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, kawan dapat menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada bot yang bekerja indeking di halaman tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kamu menggunakan image dari Google, sebaiknya mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang kalian unduh itu. Jika bisa, anda juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit potongan image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.
Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan anda menjadikannya postingan yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini menjadikan artikel kamu jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel unik dan mantap bersaing di page one. Misalnya pada konten yang saya buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai alat supeer ini.
Namun untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada konten ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu baik, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel anda hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma search engine telah semakin modern, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah artikel yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kamu dapat segera bersaing di SERP.
Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan ada beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dari ahli Seo, berikut ini merupakan trik membuat artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kita masukkan dalam poin pertama karena admin pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab selain kendali kita selaku pemilik web. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi website milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin menarik isi dari web itu.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tanpa menggunakan alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang baik
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten intinya kata pada pencarian supaya tetap utuh.
3. Pakailah Judul yang Clickbait
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Jika kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik pula rangking di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras menulis konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Pakai Internal Linking dalam konten
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per konten malah membantu user maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar yang Relevan
Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir peringkat blognya turun jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs kalian sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau kalian merekomendasikan sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai nilai untuk suatu tulisan.
kawan malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Umpamanya, kamu sedang menulis trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi kawan dapat memberi kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Serupa di atas, kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau anda dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di tulisan kamu.
Tapi pada kenyataannya, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ide terpenting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.
11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama tulisan itu.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, kawan dapat menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada bot yang bekerja indeking di halaman tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kamu menggunakan image dari Google, sebaiknya mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang kalian unduh itu. Jika bisa, anda juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit potongan image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan anda menjadikannya postingan yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini menjadikan artikel kamu jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern
Menciptakan konten adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel unik dan mantap bersaing di page one. Misalnya pada konten yang saya buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai alat supeer ini.
Namun untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada konten ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu baik, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel anda hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma search engine telah semakin modern, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah artikel yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kamu dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "9 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik"
Catat Ulasan