9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas
Rabu, 30 Januari 2019
Add Comment
Metode menulis artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.
Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya dapat digunakan dan ada beberapa bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini admin tuliskan dalam poin dasar karena admin anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab selain kendali kamu selaku pemilik web. So, tidak heran jika inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna ketika mereka mengunjungi situs kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tidak memakai alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun cara menulis artikel SEO Kawan, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.
Ini kudu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Fenomena yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten alasannya melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat title tulisan sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi tidak terbaca dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Tidak sulit jika Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul sobat tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau kamu bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir ranking blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kalian ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog kamu sebagai situs yang keren karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau sobat menjual produk/jasa).
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari suatu postingan.
sobat malah harus berhati-hati jika persentase keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Misal, sobat sedang membuat tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain jika kawan menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kamu bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana namun salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.
Namun pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang diinginkan saja.
Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan ide paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu halaman.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten itu.
Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan tidak artistik.
Untuk mengakalinya, kamu dapat memasukkan keyword anda di meta deskripsi untuk user wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.
Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke robot yang bekerja indeking di artikel tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika anda menggunakan gambar dari Google, sebaiknya merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak sama dengan image yang kamu unduh itu. Jika bisa, kawan juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit editan image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang sobat ulas, semakin besar kemungkinan Google mengindek konten kawan sebagai konten yang berkarakter.
Dikutip dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang relevan.
Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.
Variasi Keyword ini membuat tulisan anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan mampu bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai tool canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel artikel yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan kawan cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin modern, ditambah si raksasa Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan bisa merajai page one.
Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya dapat digunakan dan ada beberapa bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini admin tuliskan dalam poin dasar karena admin anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab selain kendali kamu selaku pemilik web. So, tidak heran jika inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna ketika mereka mengunjungi situs kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tidak memakai alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun cara menulis artikel SEO Kawan, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Responsive design
Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword pada Judul Artikel
Ini kudu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Fenomena yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten alasannya melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung
Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat title tulisan sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi tidak terbaca dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Tidak sulit jika Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul sobat tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau kamu bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai
Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir ranking blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kalian ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog kamu sebagai situs yang keren karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau sobat menjual produk/jasa).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari suatu postingan.
sobat malah harus berhati-hati jika persentase keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Misal, sobat sedang membuat tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain jika kawan menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kamu bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.
Namun pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang diinginkan saja.
Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan ide paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu halaman.
11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten itu.
Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan tidak artistik.
Untuk mengakalinya, kamu dapat memasukkan keyword anda di meta deskripsi untuk user wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Gambar
Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke robot yang bekerja indeking di artikel tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika anda menggunakan gambar dari Google, sebaiknya merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak sama dengan image yang kamu unduh itu. Jika bisa, kawan juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit editan image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .
14. Pengunaan Media ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat ulas, semakin besar kemungkinan Google mengindek konten kawan sebagai konten yang berkarakter.
Dikutip dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang relevan.
Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.
Variasi Keyword ini membuat tulisan anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan mampu bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai tool canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel artikel yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan kawan cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin modern, ditambah si raksasa Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan bisa merajai page one.
0 Response to "9 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly Berkualitas"
Catat Ulasan