15 Tips Membuat Konten Yang SEO Friendly

Cara menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan ada trik bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari sebuah situs adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan dapat menciptakan backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kamu. So, tidak salah jika inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.

Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan respon user saat mereka menjelajahi situs kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tidak memakai produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun tips menulis tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Ini kudu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menyusun artikel asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Namun kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Bagi sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis konten panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah tulisan yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap kontennya ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per artikel malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Sesuai


Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat webnya turun jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kamu sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

External link ke web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (jika anda merekomendasikan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu postingan.

sobat malah harus waspada kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Contoh, kamu sedang membuat tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kawan dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Serupa di atas, kalau anda menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika anda dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. sobat juga bisa memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting di artikel kita.

Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor tidak suka dan langsung pergi akibat konten yang dibaca aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu halaman.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama konten itu.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang indah.

Agar tidak menggangu, sobat bisa menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 15 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada bot yang melakukan indeking di tulisan yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat memakai image dari Google, sebaiknya mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak sama dengan gambar yang kawan download itu. Jika harus, kamu juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit editan gambar agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web .

14. Pengunaan Media ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, tambah besar peluang Google mengindek konten kamu sebagai artikel yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang modern


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan siap bersaing di pejwan. Misalnya pada artikel yang admin posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada postingan ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel anda hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kamu dapat merajai page one.

0 Response to "15 Tips Membuat Konten Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel