12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Cara menulis artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan cara membuat tulisan yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami tuliskan sebagai poin paling penting karena admin anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat bisa menciptakan backlink atau judul yang klikable namun,, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi situs sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tidak memakai alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara pembuatan artikel SEO Anda, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Umumnya yang sering terjadi di situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat kuat juga rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda bersikeras menulis artikel panjang hanya untuk memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu kurang berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu ulas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Karena takut ranking blognya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web anda sebagai blogs yang keren karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (jika sobat merekomendasikan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah postingan.

sobat malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, anda sedang menulis tips tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka anda dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Contoh lain kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kamu bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga bisa menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang dituju saja.

Memang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor tidak suka dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna ide terpenting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan kurang indah.

Untuk mengakalinya, anda dapat memasukkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari artikel di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada mesin yang melakukan crawling di artikel tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kalian tidak sama dengan image yang sobat download itu. Kalau harus, anda juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin mantap peluang Google mengindek artikel anda sebagai postingan yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang cocok.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan artikel kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan siap bersaing menempati page one. Seperti pada artikel yang saya posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel kawan cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel