Bagaimana Trik Membuat Konten Seo Friendly

Teknik menulis artikel banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali trik bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari suatu situs yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 Bagaimana Trik Membuat Konten Seo Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak heran jika inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon pembaca ketika mereka menjelajahi situs milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, semakin lama dan betah mereka di website, maka makin berkualitas konten dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing user, walaupun tanpa menggunakan properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun cara pembuatan artikel SEO Kawan, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 Bagaimana Trik Membuat Konten Seo Friendly

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku sebenarnya kata pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika membuat judul tulisan sebab kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan tampak canggung dan kaku saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Mungkin Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine pasti membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

 Bagaimana Trik Membuat Konten Seo Friendly

Kalau judul Anda kaku dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu bersikeras membuat artikel panjang hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara Anda itu kurang efisien.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda bahas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap post malah membantu pengunjung sebaiknya buat saja.

 Bagaimana Trik Membuat Konten Seo Friendly

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir ranking blognya turun jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat blog anda sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 Bagaimana Trik Membuat Konten Seo Friendly

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau kalian mengenalkan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu postingan.

sobat malah harus waspada kalau seringnya keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 Bagaimana Trik Membuat Konten Seo Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kawan sedang membuat tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka anda bisa memberi kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 Bagaimana Trik Membuat Konten Seo Friendly

Contoh lain jika sobat membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kawan dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. anda juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk segi user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kalian bisa menempatkan keyword kawan di meta deskripsi untuk user wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 Bagaimana Trik Membuat Konten Seo Friendly

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang melakukan indeking pada tulisan yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika anda menggunakan gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak sama dengan image yang sobat download tersebut. Jika perlu, kamu juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit sayatan image supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Media ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda isi, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten sobat menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu konten.

Ragam Keyword ini menjadikan postingan sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan siap bersaing di page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai alat canggih ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada konten ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu bagus, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page postingan anda hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Bagaimana Trik Membuat Konten Seo Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel