15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Metode menulis artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa menggenerate backlink atau konten yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kita. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.

Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user saat mereka mengunjungi blog sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Gampangnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing sobat, meski tidak memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun teknik pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Ini wajib dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Kejadian yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.

3. Gunakan Judul yang Clickbait


Seperti contoh judul di atas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat judul tulisan sebab jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan kurang ciamik dan aneh saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Jika Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul artikel. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Jika judul sobat kaku dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang berhasil.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per post malah membantu pembaca maka silahkan saja.

 15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Relevan


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir peringkat blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kawan untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog kalian sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

 15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kalian merekomendasikan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas untuk suatu postingan.

kamu malah kudu waspada kalau tingginya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kamu sedang menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Serupa di atas, jika anda menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kamu bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. anda juga dapat menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ruh paling penting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, sobat bisa menempatkan keyword kawan di meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari artikel di search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang melakukan crawling pada artikel tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan gambar yang kalian unduh itu. Kalau harus, sobat juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Pengunaan Gambar ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan isi, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi artikel anda menjadikannya postingan yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bersaing di page one. Misalnya pada konten yang kita posting ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat membuat tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu wajar, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page tulisan anda cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kamu bisa merajai page one.

0 Response to "15 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel