16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun sebab masih merajai di pencarian masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan tips membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami masukkan sebagai poin dasar karena kita pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena diluar kontrol kita sebagai penulis konten. So, tidak salah kalau inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi blog kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing user, meski tanpa memakai produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten intinya kata pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Misalnya contoh artikel di atas, kadang ada yang kesulitan ketika membuat judul konten karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Bagi kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau judul kamu kaku dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras menulis tulisan panjang hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara mendalam.

Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut Serp blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat web anda sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau sobat mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya anda tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk sebuah postingan.

kamu malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, kawan sedang membuat tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kalian bisa memberi kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi jika sobat menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kamu dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kamu juga bisa memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca bingung dan langsung pergi karena konten yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ide terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel tidak artistik.

Agar tidak menggangu, kalian dapat menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada bot yang melakukan indeking pada artikel itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau sobat menggunakan gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang kalian unduh itu. Jika bisa, anda juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian berikan, semakin besar peluang Google mengindek konten sobat menjadikannya konten yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat postingan kalian menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih


Membuat konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan siap bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada postingan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu wajar, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel kawan hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel sobat dapat merajai page one.

0 Response to "16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel