9 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda
Isnin, 28 Januari 2019
Add Comment
Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.
Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi hanya akibat masih ada di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan trik membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam sebuah penulisan adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kamu bisa menciptakan backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi website sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tanpa menggunakan alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun teknik pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.
Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat ide artikel sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi sulit terbaca dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Mungkin Anda user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.
Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.
Jika Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu bersikeras membuat artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu tidak akan tepat.
Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link tiap postnya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

Kalau ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kalian sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (jika kamu menjual sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi nilai dari sebuah tulisan.
kawan malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, kalian sedang menulis tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika anda membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika sobat bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kamu.
Namun dalam prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk sisi user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor silau dan langsung pergi akibat konten yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.
Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang indah.
Agar lebih mudah, sobat dapat memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di google.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke mesin yang bekerja indeking pada halaman yang dibuat.
Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh itu. Jika bisa, kalian juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.
Semakin kaya informasi yang kalian ulas, semakin mantap peluang Google mendeteksi tulisan kamu menjadikannya konten yang berkarakter.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar artikel.
Variasi Keyword ini membuat artikel sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang admin posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada artikel ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel kawan cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin pintar, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah konten yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu dapat segera bersaing di SERP.
Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi hanya akibat masih ada di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan trik membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam sebuah penulisan adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kamu bisa menciptakan backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi website sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tanpa menggunakan alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun teknik pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Readable
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.
3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat ide artikel sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi sulit terbaca dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Mungkin Anda user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.
Jika Anda bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu bersikeras membuat artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu tidak akan tepat.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam artikel
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link tiap postnya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

Kalau ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan
Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kalian sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (jika kamu menjual sesuatu).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi nilai dari sebuah tulisan.
kawan malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, kalian sedang menulis tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika anda membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika sobat bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kamu.
Namun dalam prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk sisi user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor silau dan langsung pergi akibat konten yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.
Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang indah.
Agar lebih mudah, sobat dapat memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di google.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke mesin yang bekerja indeking pada halaman yang dibuat.
Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh itu. Jika bisa, kalian juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.
14. Tambahkan Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian ulas, semakin mantap peluang Google mendeteksi tulisan kamu menjadikannya konten yang berkarakter.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar artikel.
Variasi Keyword ini membuat artikel sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator artikel yang modern
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang admin posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Namun untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada artikel ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel kawan cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin pintar, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah konten yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "9 Trik Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"
Catat Ulasan