15 Cara Membuat Konten Yang SEO Friendly
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Cara penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.
Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dari pakar Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kita masukkan dalam poin pertama karena kita pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin sobat bisa membuat backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience mustahil dimanipulasi karena selain kontrol kamu selaku penulis konten. So, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing kita, meski tanpa memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara penulisan tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.
Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten alasannya melihat dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Bagi kamu pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.
Maksud admin yaitu artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu bahas bisa lebih luas dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per artikel ? Banyak.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Karena takut ranking blognya jatuh jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kamu ke web-web authority yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog anda sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian merekomendasikan sesuatu).
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mendeteksi nilai untuk suatu tulisan.
kamu malah kudu waspada jika tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, kalian lagi menulis tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lain kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika sobat bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. anda juga bisa memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana namun salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting di tulisan kita.
Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna ruh terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan jadi agak kaku.
Untuk mengakalinya, kamu bisa menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang bekerja indeking di halaman tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau sobat memakai image dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak sama dengan gambar yang anda unduh itu. Kalau bisa, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.
Tambah menarik informasi yang sobat berikan, semakin besar peluang Google mengindek artikel sobat sebagai postingan yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar artikel.
Ragam Keyword ini menjadikan konten sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan siap bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan tool keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan kalian hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat bisa segera bersaing di SERP.
Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dari pakar Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kita masukkan dalam poin pertama karena kita pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin sobat bisa membuat backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience mustahil dimanipulasi karena selain kontrol kamu selaku penulis konten. So, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing kita, meski tanpa memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun cara penulisan tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Clickable
Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten alasannya melihat dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik
Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Bagi kamu pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Maksud admin yaitu artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu bahas bisa lebih luas dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per artikel ? Banyak.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai
Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Karena takut ranking blognya jatuh jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kamu ke web-web authority yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog anda sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian merekomendasikan sesuatu).
7. Sisipkan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mendeteksi nilai untuk suatu tulisan.
kamu malah kudu waspada jika tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, kalian lagi menulis tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lain kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika sobat bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. anda juga bisa memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting di tulisan kita.
Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna ruh terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan jadi agak kaku.
Untuk mengakalinya, kamu bisa menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang bekerja indeking di halaman tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau sobat memakai image dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak sama dengan gambar yang anda unduh itu. Kalau bisa, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang sobat berikan, semakin besar peluang Google mengindek artikel sobat sebagai postingan yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar artikel.
Ragam Keyword ini menjadikan konten sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan siap bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan tool keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan kalian hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "15 Cara Membuat Konten Yang SEO Friendly"
Catat Ulasan