12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga telah outdated, namun sebab masih ada di pejwan tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan trik membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya masukkan dalam poin dasar karena kami anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab diluar kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna saat mereka menjelajahi blog milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, semakin lama dan betah mereka di website, itu artinya makin berkualitas isi dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing sobat, meski tanpa menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun tips penulisan tulisan SEO Anda, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Bagi Anda pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau judul Anda kaku dan tidak menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras menulis konten panjang hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda itu tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu ulas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per post malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya biarkan saja, pasti yang ngasih trik tidak update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut Serp webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kalian ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat web kalian sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk suatu artikel.

sobat malah harus berhati-hati jika seringnya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, anda lagi membuat tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kalian bisa menambahkan kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lain jika anda menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kawan bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kamu juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari segi user experience, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dibaca aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan gagasan terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu postingan.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, sobat bisa memasukkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada mesin yang melakukan indeking di tulisan tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat memakai image dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang kawan unduh itu. Jika perlu, kalian juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan image supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian isi, semakin besar peluang Google mendeteksi konten sobat menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang cocok.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan kalian jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang modern


Membuat konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan kuat bersaing menempati page one. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik visitor itu bagus, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page konten anda cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel