16 Tips Membuat Konten SEO Friendly
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih merajai di pencarian tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dari ahli Seo, di bawah ini adalah tips membuat artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kami masukkan sebagai poin dasar karena kita pastikan sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau judul yang klikable namun,, user experience mustahil dimanipulasi sebab diluar kendali kamu selaku penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan respon user saat mereka surfing website kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang user klik, dan sebagainya.
Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kamu, meski tanpa memakai produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sekeren apapun cara pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :
Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai ratu.
Ini kudu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku intinya kata pada pencarian supaya tetap utuh.
Click bait terkadang diperlukan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Jika Anda pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul sobat kaku dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di search engine.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.
Jika kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Yang dimaksud adalah artikel yang tidak hanya panjang , namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per kontennya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca sobat maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs anda sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan menjual produk/jasa).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai nilai dari suatu tulisan.
kawan malah harus berhati-hati kalau tingginya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, kalian sedang menulis trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi jika kamu menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kawan juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk gagasan paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama artikel itu.
Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang seni.
Agar lebih mudah, anda bisa memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk user wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat googling di search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel yang tadi kita buat.
Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang melakukan crawling di konten tersebut.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Kalau anda memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang sobat download itu. Kalau bisa, sobat juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang kawan berikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek artikel anda sebagai tulisan yang berkualitas.
Survei dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang cocok.
Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu tulisan.
Ragam Keyword ini membuat postingan kalian jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan mampu bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang admin posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai alat supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang kita buat pada tulisan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan kalian hanya semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah konten yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat bisa segera bersaing di SERP.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih merajai di pencarian tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dari ahli Seo, di bawah ini adalah tips membuat artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kami masukkan sebagai poin dasar karena kita pastikan sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau judul yang klikable namun,, user experience mustahil dimanipulasi sebab diluar kendali kamu selaku penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan respon user saat mereka surfing website kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang user klik, dan sebagainya.
Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kamu, meski tanpa memakai produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sekeren apapun cara pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai ratu.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel
Ini kudu dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku intinya kata pada pencarian supaya tetap utuh.
3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung
Click bait terkadang diperlukan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Jika Anda pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul sobat kaku dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di search engine.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.
Jika kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah artikel yang tidak hanya panjang , namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam artikel
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per kontennya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca sobat maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs anda sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan menjual produk/jasa).
7. Sisipkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk menilai nilai dari suatu tulisan.
kawan malah harus berhati-hati kalau tingginya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, kalian sedang menulis trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi jika kamu menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kawan juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk gagasan paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.
11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama artikel itu.
Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang seni.
Agar lebih mudah, anda bisa memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk user wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat googling di search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang melakukan crawling di konten tersebut.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword target.
Tips:
Kalau anda memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang sobat download itu. Kalau bisa, sobat juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kawan berikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek artikel anda sebagai tulisan yang berkualitas.
Survei dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang cocok.
Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu tulisan.
Ragam Keyword ini membuat postingan kalian jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator konten yang modern
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan mampu bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang admin posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai alat supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang kita buat pada tulisan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan kalian hanya semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah konten yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "16 Tips Membuat Konten SEO Friendly"
Catat Ulasan