10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Teknik menulis artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah outdated, tetapi sebab masih nongkrong di pencarian tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dari pakar Seo, di bawah ini merupakan tips membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini admin tuliskan sebagai poin pertama karena kita pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat bisa menciptakan backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab diluar kontrol kita selaku pemilik web. So, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka surfing blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing kamu, meski tidak memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun tips pembuatan artikel SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Click bait terkadang diperlukan untuk menyusun konten asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Bagi kamu pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kalau judul sobat kaku dan tidak enak dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.

Kalau kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut kurang tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap postnya ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir peringkat blognya jatuh jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kalian ke web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs kalian sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kawan mengenalkan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas dari sebuah artikel.

sobat malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Contoh, kalian sedang menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Contoh lain jika sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kamu bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kawan juga dapat menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting di tulisan kita.

Namun dalam kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi user experience, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu konten.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, anda dapat menempatkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang melakukan crawling pada halaman tersebut.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang anda download tersebut. Kalau perlu, anda juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit editan gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda isi, tambah besar peluang Google mengindek konten kamu sebagai tulisan yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan artikel kamu jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan konten unik dan siap bersaing menempati page one. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu wajar, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kamu hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat dapat merajai page one.

0 Response to "10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel