12Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Cara menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan ada trik bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan trik menulis artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita masukkan sebagai poin dasar karena saya anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
12Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user saat mereka surfing blog sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing user, walaupun tanpa menggunakan produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi se-expert apapun tips pembuatan artikel SEO Kawan, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

12Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

12Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post maka abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda ke web-web authority yang relevan dengan topik konten, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog anda sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

12Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan anda merekomendasikan produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah postingan.

kawan malah kudu berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

12Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kamu lagi membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi sobat bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

12Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Contoh lain kalau kamu menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kamu dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kawan juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik ampuh yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting pada tulisan kamu.

Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dibaca kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ruh paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang indah.

Agar lebih mudah, anda dapat menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

12Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke bot yang bekerja crawling di konten tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar dari Google, pastikan merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan gambar yang sobat unduh tersebut. Jika bisa, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan isi, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kamu menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang cocok.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.

Variasi Keyword ini membuat artikel anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang canggih


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada konten yang saya posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin buat pada tulisan ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu bagus, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan anda hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google dengan berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel