9 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan
Rabu, 30 Januari 2019
Add Comment
Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi karena masih merajai di pencarian tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dibuat master Seo, di bawah ini adalah cara membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kita tuliskan dalam poin paling penting karena kami anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.
Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka surfing website milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik konten dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tidak menggunakan alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi sekeren apapun cara pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.
Ini wajib dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten karena melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Jika Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan efisien.
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link per post malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat takut Serp webnya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web kamu sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kawan mengenalkan sesuatu).
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai nilai dari suatu postingan.
kamu malah harus berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Contoh, kamu sedang menulis tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, jika kamu menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika sobat bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kamu juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Terlihat biasa tetapi salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting pada artikel kamu.
Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dilihat membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat ruh paling penting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan kurang seni.
Agar lebih mudah, kawan bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.
Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan indeking di konten itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Jika sobat memakai gambar berasal dari Google, pastikan merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang kamu download tersebut. Kalau bisa, anda juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit editan image agar file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel kalian menjadikannya konten yang berkualitas.
Survei dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.
Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.
Variasi Keyword ini membuat konten anda menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel unik dan siap bertahan di pejwan. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik memakai alat supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada postingan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kawan dapat segera bersaing di SERP.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi karena masih merajai di pencarian tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dibuat master Seo, di bawah ini adalah cara membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kita tuliskan dalam poin paling penting karena kami anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.
Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka surfing website milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik konten dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tidak menggunakan alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi sekeren apapun cara pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.
2. Pakai Keyword di Judul Artikel
Ini wajib dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten karena melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Mengundang Klik
Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Jika Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan efisien.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.
5. Isi Internal Linking dalam postingan
Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link per post malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan
Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat takut Serp webnya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web kamu sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kawan mengenalkan sesuatu).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai nilai dari suatu postingan.
kamu malah harus berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Contoh, kamu sedang menulis tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, jika kamu menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika sobat bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kamu juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting pada artikel kamu.
Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dilihat membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat ruh paling penting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan kurang seni.
Agar lebih mudah, kawan bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika googling pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan indeking di konten itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Jika sobat memakai gambar berasal dari Google, pastikan merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang kamu download tersebut. Kalau bisa, anda juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit editan image agar file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, semakin besar peluang Google mendeteksi artikel kalian menjadikannya konten yang berkualitas.
Survei dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.
Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.
Variasi Keyword ini membuat konten anda menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat konten yang modern
Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel unik dan siap bertahan di pejwan. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik memakai alat supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada postingan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kawan dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "9 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan"
Catat Ulasan