15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Teknik penulisan konten website banyak tersedia di google. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun hanya akibat masih ada di pejwan masih digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan cara membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah artikel yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena selain kontrol kita selaku penulis konten. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi blog kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Analoginya, semakin lama dan betah mereka di website, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing sobat, walaupun tidak menggunakan produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik menulis artikel SEO Kawan, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Ini kudu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Kejadian yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku intinya kata pada pencarian agar tidak terpotong.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Seperti contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat title tulisan karena jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak tidka menyatu dan kaku saat dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Bagi Anda pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Jika judul Anda tidak jelas dan tidak menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin baik juga rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu kurang efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda ulas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut Serp webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs sobat sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kawan merekomendasikan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai untuk suatu artikel.

anda malah harus waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, sobat lagi menulis trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Contoh lain kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kamu bisa memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga dapat memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di artikel kita.

Tapi dalam prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ruh terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kalian bisa memasukkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan membaca artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada robot yang bekerja indeking di konten itu.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kalian memakai image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang kamu download itu. Kalau harus, kalian juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit editan image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Media ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, semakin mantap peluang Google mengindek konten sobat sebagai konten yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Variasi Keyword ini membuat postingan kalian menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan kuat bersaing di pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika kamu membuat konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik visitor itu bagus, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan kawan hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Tips dan Panduan Membuat Konten Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel