Teknik penulisan artikel di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.
Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali trik bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dibuat ahli Seo, di bawah ini adalah tips membuat artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling mendasar dari suatu situs adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena selain kendali kamu sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing website kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di website, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing kita, meski tanpa memakai alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun tips menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel
Ini wajib dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Peletakan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.
Seringnya situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras membuat artikel dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu kurang berhasil.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.
5. Isi Internal Linking dalam artikel
Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap artikel malah membantu user sebaiknya buat saja.
Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir Serp blognya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai situs yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.
External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik ulasan juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau anda mengenalkan produk/jasa).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai nilai dari suatu postingan.
kawan malah harus waspada kalau persentase keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.
Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, anda lagi membuat tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.
Serupa di atas, jika kalian menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. anda juga dapat menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting di artikel kamu.
Namun dalam prakteknya, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung silau dan langsung pergi akibat konten yang dilihat membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat gagasan terpenting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu postingan.
11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama artikel itu.
Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan jadi agak kaku.
Untuk mengakalinya, kalian dapat menyisipkan keyword anda di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.
Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari artikel pada search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang bekerja indeking di artikel tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat menggunakan gambar dari Google, pastikan merubah judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak duplikat dengan image yang sobat unduh tersebut. Kalau bisa, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.
14. Isi Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang anda sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kamu menjadikannya artikel yang berkarakter.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu konten.
Inonasi Keyword ini membuat postingan kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih
Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan mampu bertahan di page one. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada artikel ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)
Beli Tool (refferal saya)
Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu bagus, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai trik optimasi on-page konten sobat hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat bisa merajai page one.
0 Response to "12 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"
Catat Ulasan