10Trik Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga telah expired, namun sebab masih nongkrong di page one tetap digunakan. Banyak hal yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dari ahli Seo, berikut ini adalah cara menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah penulisan yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
10Trik Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kita. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.

Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon pembaca saat mereka surfing blog kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Gampangnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing user, meski tidak memakai produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi se-expert apapun tips menulis tulisan SEO Kawan, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

10Trik Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun title konten sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak kurang ciamik dan aneh saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Jika kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

10Trik Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda bersikeras membuat tulisan panjang cuma untuk memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang tepat.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per postnya ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan visitor maka silahkan saja.

10Trik Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Akibat khawatir peringkat webnya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs sobat sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

10Trik Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

External link ke web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (jika kamu merekomendasikan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kamu tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk suatu artikel.

kamu malah harus berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

10Trik Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, sobat sedang membuat trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

10Trik Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Serupa di atas, jika sobat menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kamu dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kawan juga dapat menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting di tulisan kamu.

Tapi pada kenyataannya, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat ruh terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama artikel itu.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kamu bisa menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

10Trik Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada mesin yang melakukan indeking di artikel itu.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan image yang kawan download itu. Jika bisa, sobat juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat isi, tambah mantap kemungkinan Google mengindek tulisan sobat menjadikannya konten yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Ragam Keyword ini membuat tulisan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Membuat artikel adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan tulisan unik dan mantap bertahan di pejwan. Misalnya pada konten yang admin posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "10Trik Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel