10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula
Ahad, 27 Januari 2019
Add Comment
Metode menulis artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih ada di pencarian masih dipakai. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan tips menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam sebuah penulisan yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin kamu bisa menciptakan backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kita. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon user saat mereka menjelajahi blog kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, walaupun tidak menggunakan produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi sehebat apapun tips menulis tulisan SEO Anda, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai raja.
Memasukkan keyword perlu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu artikel.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten alasannya tergantung dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Kamu punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.
Kalau kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat konten panjang cuma untuk memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu kurang efisien.
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu bahas bisa lebih luas dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan user maka silahkan saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka dibanned Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat takut peringkat webnya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu untuk web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs kalian sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu merekomendasikan sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk suatu tulisan.
sobat malah wajib waspada kalau seringnya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Sebagai Contoh, anda lagi menulis trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka anda dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Serupa di atas, kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau sobat dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga dapat menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang penting pada artikel kamu.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi user experience, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dibaca membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk ide paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu postingan.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten itu.
Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, anda dapat menempatkan keyword kalian di meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.
Penempatan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada bot yang bekerja crawling di konten yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau anda memakai image dari Google, pastikan merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Kalau bisa, kalian juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit editan image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang sobat ulas, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten kalian sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.
Ragam Keyword ini membuat tulisan anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan di page one. Misalnya pada konten yang admin posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan tool keren ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu bagus, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten kamu cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kalian bisa merajai page one.
Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih ada di pencarian masih dipakai. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan tips menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam sebuah penulisan yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin kamu bisa menciptakan backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah pembaca situs kita. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon user saat mereka menjelajahi blog kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, walaupun tidak menggunakan produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi sehebat apapun tips menulis tulisan SEO Anda, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai raja.
2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword perlu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu artikel.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang baik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten alasannya tergantung dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik
Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Kamu punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.
Kalau kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat konten panjang cuma untuk memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu kurang efisien.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu bahas bisa lebih luas dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan user maka silahkan saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka dibanned Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan
Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat takut peringkat webnya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu untuk web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs kalian sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu merekomendasikan sesuatu).
7. Sisipkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk suatu tulisan.
sobat malah wajib waspada kalau seringnya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Sebagai Contoh, anda lagi menulis trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka anda dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Serupa di atas, kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau sobat dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga dapat menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang penting pada artikel kamu.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi user experience, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dibaca membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk ide paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu postingan.
11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten itu.
Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, anda dapat menempatkan keyword kalian di meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.
Penempatan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada bot yang bekerja crawling di konten yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau anda memakai image dari Google, pastikan merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Kalau bisa, kalian juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit editan image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .
14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang sobat ulas, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten kalian sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.
Ragam Keyword ini membuat tulisan anda menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat konten yang canggih
Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan di page one. Misalnya pada konten yang admin posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan tool keren ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu bagus, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten kamu cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kalian bisa merajai page one.
0 Response to "10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"
Catat Ulasan