10 Trik Membuat Tulisan Yang SEO Friendly
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Metode menulis konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun karena masih ada di pejwan masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini saya tuliskan dalam poin dasar karena admin pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kawan bisa membuat backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka menjelajahi situs kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing sobat, walaupun tanpa memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun trik pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.
Ini wajib dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
Misalnya contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat ide tulisan karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan canggung dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Kalau kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian terkadang membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul sobat kaku dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu bersikeras membuat artikel panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda ulas dapat lebih luas dan lengkap.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link tiap artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web anda sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kamu mengenalkan produk/jasa).
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai untuk sebuah postingan.
anda malah harus berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kawan sedang membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau sobat dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga bisa menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada artikel kita.
Tapi pada prakteknya, pemilik website yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari segi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca silau dan langsung pergi karena konten yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan kurang seni.
Untuk mengakalinya, kalian bisa menempatkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari artikel pada search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca konten yang sudah dibuat.
Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada robot yang melakukan crawling di halaman itu.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat menggunakan gambar dari Google, sebaiknya merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang kalian unduh tersebut. Kalau perlu, kamu juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang kamu ulas, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi artikel kamu sebagai postingan yang berkualitas.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.
Selain itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar konten.
Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Membuat konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan kuat bersaing di pejwan. Misalnya pada konten yang kita buat ini, saya melansir konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan alat keren ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada postingan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu wajar, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kawan cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma bot engine telah semakin modern, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian dapat segera bersaing di SERP.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun karena masih ada di pejwan masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini saya tuliskan dalam poin dasar karena admin pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kawan bisa membuat backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Pengertian dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka menjelajahi situs kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing sobat, walaupun tanpa memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun trik pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.
2. Gunakan Keyword di Judul Artikel
Ini wajib dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Umumnya yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang baik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Clickbait
Misalnya contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat ide tulisan karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan canggung dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Kalau kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian terkadang membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul sobat kaku dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu bersikeras membuat artikel panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda ulas dapat lebih luas dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam postingan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link tiap artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web anda sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kamu mengenalkan produk/jasa).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai untuk sebuah postingan.
anda malah harus berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kawan sedang membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau sobat dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kamu juga bisa menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada artikel kita.
Tapi pada prakteknya, pemilik website yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari segi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca silau dan langsung pergi karena konten yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan kurang seni.
Untuk mengakalinya, kalian bisa menempatkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari artikel pada search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca konten yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada robot yang melakukan crawling di halaman itu.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat menggunakan gambar dari Google, sebaiknya merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang kalian unduh tersebut. Kalau perlu, kamu juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web .
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu ulas, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi artikel kamu sebagai postingan yang berkualitas.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.
Selain itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar konten.
Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator artikel yang canggih
Membuat konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan kuat bersaing di pejwan. Misalnya pada konten yang kita buat ini, saya melansir konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan alat keren ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada postingan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu wajar, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kawan cuma agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma bot engine telah semakin modern, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "10 Trik Membuat Tulisan Yang SEO Friendly"
Catat Ulasan