15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.
Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini saya tuliskan dalam poin paling penting karena saya pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.
Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pembaca ketika mereka surfing blog kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Simpelnya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tidak memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun trik menulis artikel SEO Sobat, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.
Ini wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Kejadian yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
Misalnya contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun title artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan aneh saat dibaca. Namun jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Jika Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul sobat kaku dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di search engine.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per post malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per artikel ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat web kalian sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu mengenalkan produk/jasa).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai untuk sebuah postingan.
sobat malah kudu berhati-hati kalau persentase keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Misal, kalian lagi membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka sobat dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lain kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika anda bisa memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kalian juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.
Namun dalam kenyataannya, banyak yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari user experience, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca bingung dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat elemen-elemen paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama artikel tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang indah.
Agar lebih mudah, kalian dapat menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di mesin pencari.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada robot yang melakukan crawling di tulisan yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kamu memakai image dari Google, terlebih dahulu merubah nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak sama dengan gambar yang anda unduh itu. Jika bisa, sobat juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web .
Tambah menarik informasi yang sobat ulas, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kawan sebagai artikel yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.
Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kamu menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan tulisan unik dan siap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang admin buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat membuat konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan artikel yang SEO friendly guna menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kawan dapat segera bersaing di SERP.
Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini saya tuliskan dalam poin paling penting karena saya pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.
Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pembaca ketika mereka surfing blog kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Simpelnya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tidak memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun trik menulis artikel SEO Sobat, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen
Ini wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Kejadian yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Clickbait
Misalnya contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun title artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi not readable dan aneh saat dibaca. Namun jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Jika Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul sobat kaku dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di search engine.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.
Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per post malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per artikel ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site yang Relevan
Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat web kalian sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu mengenalkan produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai untuk sebuah postingan.
sobat malah kudu berhati-hati kalau persentase keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Misal, kalian lagi membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka sobat dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lain kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika anda bisa memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kalian juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.
Namun dalam kenyataannya, banyak yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari user experience, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca bingung dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat elemen-elemen paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama artikel tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang indah.
Agar lebih mudah, kalian dapat menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di mesin pencari.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada robot yang melakukan crawling di tulisan yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kamu memakai image dari Google, terlebih dahulu merubah nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak sama dengan gambar yang anda unduh itu. Jika bisa, sobat juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web .
14. Isi Media ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang sobat ulas, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kawan sebagai artikel yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.
Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kamu menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator konten yang canggih
Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan tulisan unik dan siap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang admin buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat membuat konten dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan artikel yang SEO friendly guna menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kawan dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "15 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas"
Catat Ulasan