Cara Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi hanya akibat masih ada di pencarian masih dipakai. Banyak faktor yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah tips membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
  Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pembaca saat mereka mengunjungi blog kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan sebagainya.

Logikanya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, itu artinya makin berkualitas konten dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tidak menggunakan alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun cara menulis tulisan SEO Kawan, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

  Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu artikel yang tidak cuma panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menemukan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda ulas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap konten ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

  Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai


Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir peringkat webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog anda sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

  Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

External link ke situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau kawan menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas dari sebuah postingan.

sobat malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, anda sedang membuat tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

  Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Contoh lagi kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kalian bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kawan juga bisa memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kamu.

Namun dalam kenyataannya, banyak yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk sisi user experience, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ruh terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang seni.

Agar lebih mudah, kamu dapat menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

  Cara  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan membaca konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke bot yang melakukan indeking di konten itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kamu memakai image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak sama dengan image yang kawan download itu. Jika harus, kamu juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu ulas, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi artikel anda sebagai konten yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kalian menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang canggih


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan mampu bersaing di pejwan. Seperti pada konten yang kita posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu baik, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page tulisan kamu cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Cara Membuat Artikel Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel