Cara Mengatasi Kesalahan Perayap Adsense pada Blogger

Kemarin belum lama saya mendapatkan pemberitahuan ketika membuka adsense. Ketika saya cek ternyata pemberitahuan kalau blog ini. Ya blog kupas-adsense ini ternyata tidak terindek Iklannya dengan baik oleh adsense. Ketika saya buka Facebook ternyata juga banyak yang mengalami hal serupa. Yaitu Crawler Url Error. Tentunya saya mencari tahu cara memperbaikinya. Dan ketemu jawabannya di Labnol.org.

Sebelum itu tentunya kamu bertanya kok ada masalah seperti itu ya padahal dari dulu adem ayem. Iya memang google melakukan perubahan besar besaran, hal ini karena google ingin menyajikan data yang valid dan akurat sesuai dengan negara orang yang mengunjunginya. 

Misalkan orang yang dari Indonesia melihat blogspot tentunya akan menjadi blogspot.co.id sedangkan blog yang kita crawler di adsense hanya blogspot.com. hal ini tentunya bisa mengurangi pendapatan kalau dari Adsense tidak mau tahu dan hanya menganggap blogspot.com saja yang valid kliknya. (Karena hanya blogspot.com yang kita masukkan/claim di adsense).

Oleh karena itu untuk memperbaikinya tentunya bisa menggunakan script ini. Script ini ditulis oleh Amit Agarwal tentunya dari India melihat namanya saja.


<script type="text/javascript">

  // Written by Amit Agarwal
  
  /* Get the full URL of the current blogger page */
  var blog = document.location.href.toLowerCase();

  /* Do not redirect if the domain is .com already */
  if (!blog.match(/\.blogspot\.com/)) {

    /* Replace the country TLD with .com and ncr switch */
    blog = blog.replace(/\.blogspot\..*?\//, ".blogspot.com/ncr/");

    /* Redirect to the new .com URL in the current tab */
    window.location.replace(blog);
  }
  
</script>
Script ini berbeda dengan auto redirect .co.id menjadi blogspot.com. Karena dah saya cocokan, tetapi kalau mau memakai yang redirect juga bisa boleh dicoba  berikut ini adalah script inya.

<script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf('.com/'))=='-1') { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot.")); if (str1.indexOf('/')=='-1') { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf('/')+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,'.blogspot.com/ncr/'); } </script>
Cara kedua ini didapatkan dari Jeni Haliman. Seperti biasa Jeni membuka sesi tanya jawab, dan ada satu pertanyaan tentang crawler error yang lagi banyak diderita oleh publisher Adsense terutama untuk adsense non hosted. 


Caranya cukup mudah nya itu cukup menambahkan settingan berikut ini di robot.txt caranya juga mudah pertama kamu masuk setting kemudian kamu cari pengaturan penelusuran. Disana kamu temukan robot.txt khusus, kamu cukup tambahkan 2 baris berikut ini.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: 

Silakan dipilih cara mana yang termudah untuk kamu dan paling cocok untuk situs kamu. Oke jadi itulah yang bisa saya bagi kali ini semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk bantu share ke teman barangkali teman belum tahu.

0 Response to "Cara Mengatasi Kesalahan Perayap Adsense pada Blogger"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel