Tutorial Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah expired, namun hanya akibat masih nongkrong di page one tetap dipakai. Banyak hal yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah trik menulis artikel yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah artikel yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena selain kontrol kita selaku pemilik web. Jadi, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi blog kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing sobat, meski tanpa menggunakan produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun teknik penulisan tulisan SEO Anda, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

  Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

  Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten maka abaikan saja, pasti yang ngasih tips tidak update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat takut peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kawan ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan melihat web kawan sebagai situs yang keren karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

  Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

External link ke web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau kamu menjual produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah artikel.

kawan malah wajib waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, kawan lagi menulis trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

  Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Contoh lagi jika kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau sobat dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. sobat juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada artikel kita.

Namun pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan menerapkannya cuma pada kata yang di bidik saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca bingung dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat pokok paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten itu.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, kamu dapat menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

  Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat mencari tulisan di search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling di tulisan itu.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kawan memakai image dari Google, terlebih dahulu merubah nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak sama dengan gambar yang sobat download tersebut. Kalau perlu, kamu juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek konten kalian sebagai postingan yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan kuat bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang admin buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin buat pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kawan cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu bisa merajai page one.

0 Response to "Tutorial Membuat Artikel Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel