Teknik menulis artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.
Terkadang artikel yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, namun hanya akibat masih merajai di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat
Dari pakar Seo, berikut ini adalah trik membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kami masukkan dalam poin pertama karena admin anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kamu, walaupun tidak memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun trik menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.
2. Pakai Keyword di Judul Artikel
Memasukkan keyword perlu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Fenomena yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik pula rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.
Kalau Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu tidak akan efisien.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Maksud admin yaitu tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu ulas bisa lebih luas dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan
Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link per post malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink mereka per artikel ? Banyak.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan
Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir peringkat blognya turun kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kalian ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web kawan sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kalian mengenalkan sesuatu).
7. Sisipkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah tulisan.
kawan malah harus waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Umpamanya, kalian sedang membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kalian dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain jika kamu menembak keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau kawan dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. sobat juga dapat menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting di tulisan kamu.
Namun dalam kenyataannya, penulis yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang diinginkan saja.
Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ide paling penting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang seni.
Untuk mengakalinya, kamu dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan indeking di konten yang dibuat.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Kalau kalian memakai image berasal dari Google, sebaiknya mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak duplikat dengan image yang kawan unduh itu. Kalau perlu, kawan juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit sayatan image agar file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web .
14. Isi Gambar ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian ulas, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan kalian sebagai postingan yang berkualitas.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini membuat artikel sobat jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator konten yang canggih
Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan konten unik dan mampu bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik menggunakan alat canggih ini.
Namun untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly guna mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page postingan kalian hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah postingan yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten sobat bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "10 Trik Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan