Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar
Khamis, 14 Februari 2019
Add Comment
Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.
Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi karena masih merajai di pejwan tetap digunakan. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan trik membuat artikel yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin masukkan sebagai poin pertama karena kita pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena selain kendali kamu selaku penulis konten. So, tidak salah kalau inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon pengguna ketika mereka surfing situs milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai raja.
Ini kudu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun judul konten karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi sulit terbaca dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Bagi kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.
Kalau Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang kamu ulas bisa lebih luas dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per postingan ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut Serp blognya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web kawan sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika kawan mengenalkan produk/jasa).
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah postingan.
kawan malah kudu waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, sobat sedang menulis tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Serupa di atas, jika kalian menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kawan bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting pada artikel kita.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk pokok terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama artikel tersebut.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan jadi agak kaku.
Agar lebih mudah, sobat dapat menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.
Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada robot yang melakukan crawling di artikel tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau sobat memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak sama dengan image yang sobat unduh tersebut. Jika harus, kalian juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit editan image agar file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.
Tambah menarik informasi yang kawan isi, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten anda menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.
Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar konten.
Ragam Keyword ini membuat artikel sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten unik dan siap bertahan menempati page one. Seperti pada konten yang admin posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan tool canggih ini.
Namun untuk membelinya kawan harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly guna menarik perhatian bot engine itu bagus, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kalian hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin tidak terbantahkan, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kalian dapat segera bersaing di SERP.
Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi karena masih merajai di pejwan tetap digunakan. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan trik membuat artikel yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin masukkan sebagai poin pertama karena kita pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena selain kendali kamu selaku penulis konten. So, tidak salah kalau inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon pengguna ketika mereka surfing situs milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai raja.
2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen
Ini kudu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Gunakan Title yang Clickbait
Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika menyusun judul konten karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi sulit terbaca dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Bagi kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.
Kalau Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang kamu ulas bisa lebih luas dan lengkap.
5. Isi Internal Linking dalam konten
Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per postingan ? Banyak.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site yang Relevan
Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut Serp blognya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web kawan sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika kawan mengenalkan produk/jasa).
7. Relax dengan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah postingan.
kawan malah kudu waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, sobat sedang menulis tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Serupa di atas, jika kalian menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kawan bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting pada artikel kita.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk pokok terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.
11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama artikel tersebut.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan jadi agak kaku.
Agar lebih mudah, sobat dapat menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada robot yang melakukan crawling di artikel tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau sobat memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak sama dengan image yang sobat unduh tersebut. Jika harus, kalian juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit editan image agar file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.
14. Isi Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kawan isi, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten anda menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.
Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar konten.
Ragam Keyword ini membuat artikel sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten unik dan siap bertahan menempati page one. Seperti pada konten yang admin posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan tool canggih ini.
Namun untuk membelinya kawan harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly guna menarik perhatian bot engine itu bagus, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kalian hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin tidak terbantahkan, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kalian dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan