15 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Teknik menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali trik bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah trik membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu penulisan adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu dapat memanipulasi backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.

Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Analoginya, tambah lama dan betah mereka di website, maka makin menarik konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing pembaca, walaupun tidak memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun trik penulisan artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini perlu dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 15 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kejadian yang sering terjadi di website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Kalau kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 15 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.

Jika kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda itu tidak akan tepat.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per post malah membantu pembaca maka silahkan saja.

 15 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi tips kurang update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Sesuai


Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir ranking webnya turun jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs kamu sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 15 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika anda menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas dari sebuah tulisan.

kawan malah harus waspada kalau persentase keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, kalian lagi menulis tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kalian bisa menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 15 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Contoh lagi jika anda menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika kawan bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kalian juga dapat menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada tulisan kamu.

Namun dalam kenyataannya, banyak yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ruh terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, kamu dapat menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 15 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke bot yang bekerja indeking di halaman itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kawan menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kalian tidak duplikat dengan image yang sobat download tersebut. Jika harus, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan image agar file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan sajikan, semakin besar peluang Google mendeteksi konten anda menjadikannya artikel yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan kawan jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan kuat bersaing menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang admin posting ini, kita mengutip konten rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin buat pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna mencari visitor itu baik, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan memakai trik optimasi on-page postingan kawan cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel