Trik Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Metode penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, tetapi sebab masih nongkrong di page one tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan cara membuat artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu artikel yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Trik Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena diluar kontrol kamu sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine mereka.

Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka surfing website kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tidak menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun tips pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

  Trik Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Seringnya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau kamu dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat tulisan panjang cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut kurang tepat.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

  Trik Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, pasti yang ngasih tips kurang update ilmu SEOnya.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu ke web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat web anda sebagai situs yang bagus karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

  Trik Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah tulisan.

sobat malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

  Trik Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, sobat sedang membuat trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka anda bisa menambahkan kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

  Trik Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Serupa di atas, jika kamu membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika anda dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk user experience, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung tidak suka dan langsung pergi akibat tulisan yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel tidak artistik.

Agar tidak menggangu, sobat dapat memasukkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

  Trik Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari artikel pada search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada bot yang melakukan indeking pada halaman itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu menggunakan image dari Google, pastikan mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak duplikat dengan gambar yang kawan unduh itu. Kalau bisa, anda juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Isi Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan berikan, semakin besar peluang Google mengindek artikel anda sebagai tulisan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan artikel unik dan siap bertahan menempati pejwan. Seperti pada konten yang kita posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat website, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten anda hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu dapat merajai page one.

0 Response to "Trik Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel