Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Adsense
Ahad, 10 Februari 2019
Add Comment
Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling mendasar dari sebuah website yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kawan bisa menciptakan backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience mustahil dimanipulasi karena diluar kontrol kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi website kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing kita, meski tidak menggunakan alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun cara menulis tulisan SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.
Ini wajib dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku alasannya tergantung dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan konten asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Tapi jika dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine terkadang membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat konten panjang cuma agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang efisien.
Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir Serp blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat blog sobat sebagai web yang keren karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan topik ulasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan menjual sesuatu).
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai dari suatu tulisan.
kawan malah kudu berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Sebagai Contoh, kawan sedang membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lagi jika anda membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kamu bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kamu juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kamu.
Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu postingan.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama tulisan itu.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang indah.
Agar lebih mudah, kalian dapat memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari artikel pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang sudah dibuat.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang melakukan crawling di konten itu.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau anda memakai gambar dari Google, pastikan mengganti judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak sama dengan gambar yang kawan download tersebut. Kalau perlu, kamu juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang kamu berikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek konten kamu menjadikannya postingan yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan siap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten kawan hanya semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kawan dapat segera bersaing di SERP.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling mendasar dari sebuah website yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kawan bisa menciptakan backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience mustahil dimanipulasi karena diluar kontrol kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi website kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing kita, meski tidak menggunakan alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun cara menulis tulisan SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Template yang Responsive
Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.
2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel
Ini wajib dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku alasannya tergantung dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik
Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan konten asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam title.. Tapi jika dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine terkadang membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat konten panjang cuma agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu kurang efisien.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total internal link per artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan
Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir Serp blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat blog sobat sebagai web yang keren karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan topik ulasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan menjual sesuatu).
7. Hitung Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai dari suatu tulisan.
kawan malah kudu berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Sebagai Contoh, kawan sedang membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lagi jika anda membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kamu bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kamu juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kamu.
Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu postingan.
11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama tulisan itu.
Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang indah.
Agar lebih mudah, kalian dapat memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari artikel pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang melakukan crawling di konten itu.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau anda memakai gambar dari Google, pastikan mengganti judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak sama dengan gambar yang kawan download tersebut. Kalau perlu, kamu juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kamu berikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek konten kamu menjadikannya postingan yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat konten yang modern
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan siap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten kawan hanya semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kawan dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "Bagaimana Trik Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Adsense"
Catat Ulasan