Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Cara penulisan artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan ada trik bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dari master Seo, di bawah ini merupakan trik membuat artikel yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah penulisan adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
  Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine mereka.

Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user saat mereka mengunjungi situs milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing sobat, meski tanpa menggunakan produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sehebat apapun teknik pembuatan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

  Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten intinya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Misalnya contoh kasus di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun title artikel sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi not readable dan kaku saat dibaca. Namun kalau dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

  Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut kurang efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link per konten tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

  Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Relevan


Banyak yang khawatir masalah ini. Karena khawatir ranking webnya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kalian ke situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog kamu sebagai web yang bagus karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

  Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (jika kalian merekomendasikan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk sebuah artikel.

kawan malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, anda sedang membuat tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kalian bisa menambahkan kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

  Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lagi kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika anda dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. sobat juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada artikel kamu.

Tapi pada kenyataannya, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan kurang seni.

Untuk mengakalinya, kamu dapat menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

  Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari artikel pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan membaca tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada robot yang bekerja indeking pada artikel yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau anda memakai image berasal dari Google, pastikan mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan image yang anda download tersebut. Jika perlu, kawan juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan sajikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek tulisan kamu sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan postingan kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan mampu bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang admin buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan tool keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kawan hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Trik Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel