10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Metode penulisan konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan ada trik bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah trik menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu penulisan yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat menggenerate backlink atau konten yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kita. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka surfing situs kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tanpa memakai alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun trik pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat judul artikel sebab kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan tampak tidak pas dan aneh saat dibaca. Namun jika dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Tidak sulit jika kamu user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap enak dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau judul sobat tidak jelas dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat webnya turun jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kalian ke web-web authority yang relevan dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat situs sobat sebagai situs yang keren karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau anda merekomendasikan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu artikel.

kalian malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kawan sedang membuat tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lagi kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kawan bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.

Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan ruh terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan kurang seni.

Untuk mengakalinya, anda bisa memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada mesin yang bekerja indeking pada konten yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kamu memakai image berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang anda unduh itu. Jika harus, kawan juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit cropping image agar file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi konten anda menjadikannya konten yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah di satu konten.

Ragam Keyword ini menjadikan artikel sobat jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan siap bertahan menempati pejwan. Seperti pada konten yang saya buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai tool keren ini.

Namun untuk membelinya sobat harus membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada artikel ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat blog, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten anda cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian dapat merajai page one.

0 Response to "10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel