Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan ada beberapa bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari sebuah website yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu dapat menciptakan backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena diluar kontrol kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pengguna ketika mereka surfing blog kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing user, meski tidak memakai properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi se-expert apapun teknik pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Ini harus dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Seringnya website-website lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menyusun konten asal tidak over. Tetap fokus dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Jika sobat pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Kalau judul kamu tidak jelas dan tidak menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari user experiencenya.

Kalau kamu bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat artikel panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar poin yang anda bahas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap post malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena takut peringkat blognya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kamu ke web-web authority yang relevan dengan topik konten, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs anda sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian mengenalkan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah artikel.

kamu malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, sobat lagi membuat tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka sobat dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Contoh lagi kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kalian bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kawan juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di artikel kita.

Namun dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor silau dan langsung pergi karena konten yang dibaca kelihatan amatir.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan pokok paling penting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan kurang seni.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari artikel di search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada bot yang melakukan crawling pada tulisan yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak sama dengan image yang anda unduh itu. Jika harus, kawan juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat sajikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan sobat menjadikannya konten yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan anda jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing menempati page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan kamu cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Penulis Wajib tahu"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel