Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Seringkali tulisan yang dibagikan juga sudah expired, tetapi karena masih merajai di page one masih dipakai. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin kamu dapat menciptakan backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah pembaca situs kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing kamu, walaupun tanpa memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun teknik pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu ulas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan


Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena takut Serp webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs kalian sebagai web yang bagus karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kawan mengenalkan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah artikel.

sobat malah kudu berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, kawan lagi menulis tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi anda bisa memberi kata kata memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Serupa di atas, kalau sobat menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kamu dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. sobat juga bisa menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik ampuh yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Tapi dalam prakteknya, penulis yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang di bidik saja.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama artikel itu.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang indah.

Untuk mengakalinya, kawan bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari artikel di search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja indeking pada artikel itu.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kamu memakai image berasal dari Google, pastikan merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak duplikat dengan image yang kawan download itu. Jika bisa, kamu juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit sayatan image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian berikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten kalian menjadikannya artikel yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang relevan.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada sekitar konten.

Inonasi Keyword ini membuat postingan sobat jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan siap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu baik, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel sobat cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel