Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Adsense
Jumaat, 8 Februari 2019
Add Comment
Cara menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, namun hanya akibat masih ada di pencarian tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam sebuah artikel yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kamu bisa memanipulasi backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi situs sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web tersebut.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tanpa memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sekeren apapun teknik penulisan artikel SEO Sobat, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
Memasukkan keyword harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku karena melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
Misalnya contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun title tulisan sebab jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi tidak terbaca dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Bagi sobat user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.
Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.
Kalau Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.
Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu ulas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per artikel ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena khawatir peringkat webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link sobat untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat blog kamu sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat merekomendasikan produk/jasa).
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu postingan.
anda malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Misal, kawan lagi membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka anda dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Serupa di atas, jika sobat membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kalian bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kalian juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting di artikel kita.
Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dibaca tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu halaman.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang seni.
Agar tidak menggangu, anda dapat menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang sudah dibuat.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang bekerja indeking pada konten tersebut.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kawan menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang anda download tersebut. Jika bisa, anda juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit potongan image agar file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .
Tambah menarik informasi yang kawan sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel anda sebagai tulisan yang berkarakter.
Dikutip dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu konten.
Variasi Keyword ini membuat postingan anda jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang admin buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan alat supeer ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly guna mencari visitor itu baik, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan kamu cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah artikel yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian bisa merajai page one.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, namun hanya akibat masih ada di pencarian tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam sebuah artikel yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kamu bisa memanipulasi backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi situs sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web tersebut.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tanpa memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sekeren apapun teknik penulisan artikel SEO Sobat, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku karena melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Clickbait
Misalnya contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun title tulisan sebab jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi tidak terbaca dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Bagi sobat user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.
Kalau Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu ulas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Pakai Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per artikel ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site yang Relevan
Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena khawatir peringkat webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link sobat untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat blog kamu sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat merekomendasikan produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu postingan.
anda malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Misal, kawan lagi membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka anda dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Serupa di atas, jika sobat membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kalian bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kalian juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting di artikel kita.
Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dibaca tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu halaman.
11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang seni.
Agar tidak menggangu, anda dapat menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang bekerja indeking pada konten tersebut.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kawan menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang anda download tersebut. Jika bisa, anda juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit potongan image agar file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kawan sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel anda sebagai tulisan yang berkarakter.
Dikutip dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu konten.
Variasi Keyword ini membuat postingan anda jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang admin buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan alat supeer ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly guna mencari visitor itu baik, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan kamu cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah artikel yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kalian bisa merajai page one.
0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Adsense"
Catat Ulasan