Tips Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba
Jumaat, 8 Februari 2019
Add Comment
Metode penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.
Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya bisa digunakan dan ada trik bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah cara membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini saya masukkan sebagai poin pertama karena kita anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena diluar kontrol kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pembaca saat mereka mengunjungi blog kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing user, meski tidak menggunakan properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sekeren apapun trik pembuatan tulisan SEO Anda, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.
Ini harus dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Kejadian yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menyusun konten asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul Anda kaku dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Jika Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut kurang efisien.
Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda bahas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel malah membantu user maka silahkan saja.

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink website per artikel ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut peringkat blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog anda sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (jika anda merekomendasikan produk/jasa).
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari suatu artikel.
anda malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Contoh, kawan sedang menulis tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi jika kalian membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika kawan bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.
Namun pada kenyataannya, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ide terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu konten.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten itu.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang seni.
Agar tidak menggangu, sobat dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.
Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan crawling pada artikel itu.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika kamu menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau harus, kalian juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
Semakin kaya informasi yang sobat isi, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel anda menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu konten.
Inonasi Keyword ini membuat postingan kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan mantap bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan tool supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu membuat artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan memakai cara optimasi on-page postingan anda hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan sobat dapat merajai page one.
Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya bisa digunakan dan ada trik bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah cara membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini saya masukkan sebagai poin pertama karena kita anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena diluar kontrol kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pembaca saat mereka mengunjungi blog kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing user, meski tidak menggunakan properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sekeren apapun trik pembuatan tulisan SEO Anda, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword pada Judul Artikel
Ini harus dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Kejadian yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Readable
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menyusun konten asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul Anda kaku dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Jika Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut kurang efisien.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda bahas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total internal link per artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel malah membantu user maka silahkan saja.

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink website per artikel ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut peringkat blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog anda sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (jika anda merekomendasikan produk/jasa).
7. Sisipkan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari suatu artikel.
anda malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Contoh, kawan sedang menulis tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi jika kalian membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika kawan bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.
Namun pada kenyataannya, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat aneh.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ide terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu konten.
11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten itu.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang seni.
Agar tidak menggangu, sobat dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan crawling pada artikel itu.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika kamu menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau harus, kalian juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
14. Isi Gambar ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat isi, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel anda menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu konten.
Inonasi Keyword ini membuat postingan kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator konten yang canggih
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan mantap bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan tool supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu membuat artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan memakai cara optimasi on-page postingan anda hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan sobat dapat merajai page one.
0 Response to "Tips Menulis Artikel SEO Friendly, Kamu Sudah Coba"
Catat Ulasan