Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.
Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, namun sebab masih ada di pejwan tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dari master Seo, di bawah ini adalah tips membuat artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam suatu artikel yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab selain kontrol kamu sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pembaca saat mereka surfing blog sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang user klik, dan sebagainya.
Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, maka makin menarik konten dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing kamu, meski tidak menggunakan alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sekeren apapun tips menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen
Ini kudu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Fenomena yang sering terjadi di blog lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud admin adalah tulisan yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam tulisan
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total internal link tiap kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per postingan ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan
Banyak yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir peringkat webnya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog sobat sebagai web yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan sobat merekomendasikan sesuatu).
7. Hitung Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari suatu tulisan.
kalian malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Contoh, kalian sedang menulis trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi sobat bisa memberi kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lagi jika anda menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kawan bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kalian juga dapat menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.
Namun yang terjadi, penulis yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dilihat membingungkan.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. anda bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu artikel.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama konten itu.
Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel tidak artistik.
Agar lebih mudah, kamu dapat menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan indeking pada tulisan tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika anda memakai image dari Google, terlebih dahulu merubah judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak sama dengan gambar yang kalian unduh itu. Jika harus, sobat juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.
14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kamu isi, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi artikel kawan menjadikannya artikel yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah di satu konten.
Variasi Keyword ini membuat konten kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan konten adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan konten unik dan mampu bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang saya buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Namun untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin buat pada postingan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu diinginkan oleh pembuat website, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page konten kawan cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kalian bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"
Catat Ulasan