Metode penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.
Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kami masukkan dalam poin pertama karena admin pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena diluar kontrol kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka surfing situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang user klik, dan sebagainya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tidak memakai properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sehebat apapun tips pembuatan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Template yang Responsive
Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai ratu.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen
Ini perlu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Kejadian yang sering terjadi di blog lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak bermutu.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di search engine.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Jika kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud admin yaitu artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda bahas bisa lebih mengena dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam konten
Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link per konten malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per page ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan
Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir Serp blognya turun kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kalian ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat web anda sebagai web yang keren karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (jika anda mengenalkan sesuatu).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas dari sebuah artikel.
sobat malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, kawan sedang menulis tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika kalian menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kamu bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kita.
Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi user experience, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca sakit mata dan langsung pergi karena artikel yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan gagasan terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama artikel tersebut.
Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, kawan dapat menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke bot yang melakukan crawling pada konten yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kalian memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak sama dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Kalau bisa, kawan juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web saat dibuka.
14. Tambahkan Gambar ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, tambah besar peluang Google mengindek artikel kamu sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu tulisan.
Ragam Keyword ini menjadikan tulisan sobat menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat konten yang modern
Membuat konten adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan siap bertahan di pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada tulisan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat website, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel kawan hanya untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah konten yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kawan bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "12 Cara Menulis Konten SEO Friendly Berkualitas"
Catat Ulasan