Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Cara menulis artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya bisa digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin tuliskan dalam poin pertama karena kita anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
  Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu dapat membuat backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon user ketika mereka surfing blog kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas isi dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kita, meski tidak memakai alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun tips menulis artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

  Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Gunakan Judul yang Clickbait


Click bait terkadang dibutuhkan untuk pembuatan konten asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Mungkin sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine terkadang membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

  Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Jika judul kamu tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca kalian maka silahkan saja.

  Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi trik kurang update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Sesuai


Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kalian sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

  Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

External link ke situs yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan sobat mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah tulisan.

kawan malah kudu waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

  Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, kamu sedang menulis tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

  Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Serupa di atas, kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau kawan bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kamu juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dibaca kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. anda bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan elemen-elemen terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kawan bisa menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pengguna wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

  Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang bekerja crawling pada konten tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kamu menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang anda unduh tersebut. Jika perlu, anda juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit editan image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan berikan, semakin mantap peluang Google mengindek artikel anda sebagai tulisan yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan anda jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, kita melansir artikel rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik memakai alat keren ini.

Namun untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada konten ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu bagus, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kalian hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel