16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...
Jumaat, 15 Februari 2019
Add Comment
Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak karya orang.
Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam suatu artikel yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Tentu sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kamu. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka surfing website sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tidak menggunakan alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai raja.
Ini harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus alasannya melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin sobat user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.
Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan visitor maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Banyak yang khawatir soal ini. Akibat khawatir Serp blognya turun jika memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kalian ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan melihat blog kamu sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian mengenalkan sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas dari sebuah artikel.
kalian malah wajib waspada kalau tingginya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, anda sedang membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lagi jika sobat menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika anda bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kalian juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di artikel kita.
Tapi dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ruh paling penting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel itu.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan tidak artistik.
Untuk mengakalinya, sobat bisa memasukkan keyword anda pada meta deskripsi untuk user wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat googling di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada bot yang bekerja indeking pada tulisan itu.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau anda menggunakan gambar dari Google, pastikan merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang sobat download itu. Kalau harus, kalian juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit potongan image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi konten kamu sebagai konten yang berkualitas.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar konten.
Ragam Keyword ini membuat artikel kamu jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Membuat konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan tulisan unik dan kuat bersaing menempati page one. Seperti pada artikel yang admin posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai alat canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan sobat hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin modern, ditambah si raksasa Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat dapat segera bersaing di SERP.
Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam suatu artikel yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kamu. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka surfing website sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tidak menggunakan alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai raja.
2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel
Ini harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus alasannya melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin sobat user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.
5. Pakai Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link per postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan visitor maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan
Banyak yang khawatir soal ini. Akibat khawatir Serp blognya turun jika memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kalian ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan melihat blog kamu sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian mengenalkan sesuatu).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas dari sebuah artikel.
kalian malah wajib waspada kalau tingginya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, anda sedang membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Contoh lagi jika sobat menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika anda bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kalian juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di artikel kita.
Tapi dalam prakteknya, banyak yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ruh paling penting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel itu.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan tidak artistik.
Untuk mengakalinya, sobat bisa memasukkan keyword anda pada meta deskripsi untuk user wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat googling di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada bot yang bekerja indeking pada tulisan itu.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau anda menggunakan gambar dari Google, pastikan merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang sobat download itu. Kalau harus, kalian juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit potongan image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web .
14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi konten kamu sebagai konten yang berkualitas.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar konten.
Ragam Keyword ini membuat artikel kamu jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Membuat konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan tulisan unik dan kuat bersaing menempati page one. Seperti pada artikel yang admin posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai alat canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan sobat hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin modern, ditambah si raksasa Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "16 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata..."
Catat Ulasan