Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik
Jumaat, 1 Februari 2019
Add Comment
Metode menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.
Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun hanya akibat masih nongkrong di pejwan masih digunakan. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling mendasar dari suatu website yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka surfing website milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing kamu, meski tanpa menggunakan alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sekeren apapun teknik menulis artikel SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai raja.
Ini kudu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu artikel.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya website-website lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.
Misalnya contoh artikel di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun title tulisan karena kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan sulit terbaca dan kaku saat dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Jika Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.
Kalau Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu kurang efisien.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar tema yang anda bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap post malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
Newbie biasanya takut memberikan external linking. Karena takut Serp webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog sobat sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kawan mengenalkan sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai nilai untuk sebuah postingan.
anda malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Misal, sobat lagi menulis trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kalian bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika kawan menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau anda dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga bisa memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kamu.
Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk segi user experience, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan ide terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu halaman.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan menjadi tidak readable.
Untuk mengakalinya, kawan dapat memasukkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada search engine.
Peletakan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling di konten tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika kalian memakai image dari Google, terlebih dahulu merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang sobat download itu. Kalau bisa, anda juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang kawan ulas, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan kalian sebagai konten yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.
Variasi Keyword ini membuat postingan anda jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan artikel unik dan siap bertahan di pejwan. Seperti pada artikel yang kita posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan tool keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang saya buat pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu wajar, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan memakai trik optimasi on-page konten kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu dapat segera bersaing di SERP.
Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun hanya akibat masih nongkrong di pejwan masih digunakan. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling mendasar dari suatu website yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka surfing website milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing kamu, meski tanpa menggunakan alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sekeren apapun teknik menulis artikel SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai raja.
2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen
Ini kudu dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu artikel.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya website-website lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Seo Friendly
Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.
3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik
Misalnya contoh artikel di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun title tulisan karena kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan sulit terbaca dan kaku saat dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Jika Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.
Kalau Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu kurang efisien.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar tema yang anda bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link per artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap post malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan
Newbie biasanya takut memberikan external linking. Karena takut Serp webnya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog sobat sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kawan mengenalkan sesuatu).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai nilai untuk sebuah postingan.
anda malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu banyak, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Misal, sobat lagi menulis trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kalian bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika kawan menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau anda dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga bisa memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kamu.
Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk segi user experience, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan ide terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu halaman.
11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan menjadi tidak readable.
Untuk mengakalinya, kawan dapat memasukkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada search engine.
Peletakan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling di konten tersebut.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika kalian memakai image dari Google, terlebih dahulu merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang sobat download itu. Kalau bisa, anda juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .
14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kawan ulas, tambah mantap peluang Google mengindek tulisan kalian sebagai konten yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.
Variasi Keyword ini membuat postingan anda jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan artikel unik dan siap bertahan di pejwan. Seperti pada artikel yang kita posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan tool keren ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang saya buat pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu wajar, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan memakai trik optimasi on-page konten kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik"
Catat Ulasan