Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik
Khamis, 7 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi karena masih merajai di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting
Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah tips membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini admin masukkan dalam poin pertama karena admin anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat dapat membuat backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa memakai produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun trik menulis artikel SEO Anda, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.
Ini kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Kejadian yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten karena tergantung dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
Click bait terkadang diperlukan untuk pembuatan artikel asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Jika Anda pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul sobat kaku dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat artikel panjang hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut kurang tepat.
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu bahas bisa lebih mengena dan lengkap.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya abaikan saja, sudah ketinggalan bro.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per page ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
Banyak yang khawatir soal ini. Karena khawatir Serp blognya turun kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kawan ke web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama anda mengenalkan produk/jasa).
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai dari sebuah tulisan.
anda malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Misal, kawan lagi membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Serupa di atas, kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau sobat dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari segi user experience, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kalian dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan ide paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu konten.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel tidak artistik.
Untuk mengakalinya, kamu bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Penempatan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang bekerja indeking di konten itu.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika anda memakai gambar dari Google, sebaiknya mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak duplikat dengan image yang sobat unduh itu. Jika bisa, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit editan image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, tambah besar peluang Google mengindek konten kamu sebagai postingan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini membuat konten kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan konten unik dan siap bersaing di pejwan. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai tool canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page konten kamu cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian dapat merajai page one.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi karena masih merajai di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting
Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah tips membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini admin masukkan dalam poin pertama karena admin anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat dapat membuat backlink atau judul yang clickbait namun,, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa memakai produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun trik menulis artikel SEO Anda, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen
Ini kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Kejadian yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Readable
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten karena tergantung dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung
Click bait terkadang diperlukan untuk pembuatan artikel asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Jika Anda pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul sobat kaku dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat artikel panjang hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut kurang tepat.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu bahas bisa lebih mengena dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya abaikan saja, sudah ketinggalan bro.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per page ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai
Banyak yang khawatir soal ini. Karena khawatir Serp blognya turun kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kawan ke web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama anda mengenalkan produk/jasa).
7. Hitung Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai dari sebuah tulisan.
anda malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Misal, kawan lagi membuat tips tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi kamu bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Serupa di atas, kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau sobat dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari segi user experience, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kalian dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan ide paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu konten.
11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel tidak artistik.
Untuk mengakalinya, kamu bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Penempatan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang bekerja indeking di konten itu.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika anda memakai gambar dari Google, sebaiknya mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak duplikat dengan image yang sobat unduh itu. Jika bisa, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit editan image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian sajikan, tambah besar peluang Google mengindek konten kamu sebagai postingan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang cocok.
Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini membuat konten kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator artikel yang modern
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan konten unik dan siap bersaing di pejwan. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai tool canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page konten kamu cuma agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian dapat merajai page one.
0 Response to "Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"
Catat Ulasan