Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Teknik penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dibuat ahli Seo, di bawah ini adalah trik membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user saat mereka mengunjungi situs kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa menggunakan alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun tips menulis tulisan SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini perlu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten alasannya melihat dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Seperti contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika membuat title konten karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan kurang ciamik dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Jika sobat user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak enak dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap artikel malah membantu pembaca maka silahkan saja.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel maka abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir masalah ini. Karena takut Serp webnya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kalian untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kamu sebagai web yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kamu menjual sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai nilai dari suatu postingan.

kamu malah wajib waspada kalau persentase keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, sobat sedang menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Serupa di atas, jika kamu membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kalian bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. sobat juga bisa menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.

Tapi pada prakteknya, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dilihat membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat ruh paling penting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama artikel tersebut.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, sobat dapat menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

  Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke bot yang melakukan indeking pada tulisan yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau sobat memakai gambar dari Google, sebaiknya mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image anda tidak sama dengan image yang sobat download itu. Jika bisa, anda juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit cropping image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, tambah besar peluang Google mengindek artikel kamu sebagai konten yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Inonasi Keyword ini membuat artikel kamu jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang modern


Membuat konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan siap bertahan di page one. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk membelinya kawan harus membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel anda hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel sobat dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel